Organisasi Kemahasiswaan Fakultas TArbiyah IAILM Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya adalah organisaasi yang dikelolal oleh mahasiswa  dalam rangka melatih diri mengenai berorganisaasi dan menejerialnya, terutama mengelola dan merancang serta melaksanakan berbagai kegiatan yang ada dibawah naungan kemahasiswaan Fakultas Tarbiyah IAILM Pontren Suryalaya. Organisasi kemahasiswaa Fakultas Tarbiyah terbagi menjadi dua tingkatan, organisasi kemahasiswaan tingkat Fakultas yaitu :

  1. Senat Mahasiswa (SEMA), yaitu organisasi kemahasiswaan yang mempunyai peran dan tanggungjawab menelorkan berbagai aturan yang harus dijalankan oleh organisasi kemahasiswaan lainnya, yang dikenal sebagai lembaga legislatif.
  2. Dewan Mahasiswa (DEMA), yaitu organisasi kemahasiswaa yang berperan dan bertanggungjawab menjalankan berbagai program kegiatan yang dihasilkan oleh Senat Mahasiswa dengan berbagai regulasi yang dihasilkan Senat Mahasiswa.

Sementara organisasi kemahasiswaan tingkat program studi disebut Himpunan Mahasiswa Program Studi (HM-PS). Adalah organisasi yang mewadahi segala aktivitas kemahasiswaa di tingkat program studi yang merupakan program kerja yang ditetapkan dan diputuskan di tingkat fakultas. Adapun organisasi tersebut adalah:

  1. Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (HM-PS PAI)
  2. Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar  (HM-PS PGMI/SD)
  3. Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (HM-PS PIAUD)